Senin, 28 November 2011

TUGAS 2 ISD (ILMU SOSIAL DASR)

TUGAS 2 ILMU SOSIAL DASAR (ISD)
.
 # INDIVIDU
  Pengertian Kehidupan Pribadi dan Karakteristiknya
Kehidupan pribadi sukar untuk dirumuskan, ia amat kompleks dan unik. Pada hakikatnya manusia merupakan pribadi yang utuh dan memiliki sifat-sifat sebagai makhluk individu dan makhluk sosial. Dalam kedudukannya sebagai makhluk individu, seseorang menyadari bahwa dalam kehidupannya memiliki kebutuhan yang diperuntukkan bagi kepentingan diri pribadi, baik fisik maupun nonfisik. Kebutuhan diri pribadi tersebut meliputi kebutuhan fisik dan kebutuhan sosio-psikologis. Dalam pertumbuhan fisiknya, manusia memerlukan kekuatan dan daya tahan tubuh serta perlindungan keamanan fisiknya. Kondisi fisik amat penting dalam perkembangan dan pembentukan pribadi seseorang.
Kehidupan pribadi seseorang individu merupakan kehidupan yang utuh dan lengkap dan memiliki cirri khusus dan unik. Kehidupan pribadi seseorang menyangkut berbagai aspek, antara lain aspek emosional, sosial psikologis dan sosial budaya, dan kemampuan intelektual yang terpadu secara integrative dengan factor lingkungan kehidupan. Pada awal kehidupannya dalam rangka menuju pola kehidupan pribadi yang lebih mantap, seorang individu berupaya untuk mampu mandiri, dalam arti mampu mengurus diri sendiri sampai dengan mengatur dan memenuhi kebutuhan serta tugasnya sehari-hari. Untuk itu diperlukan penguasaan situasi untuk menghadapi berbagai rangsangan yang dapat mengganggu kestabilan pribadinya.
Sumber : http://barthimeous.blogspot.com/2011/04/perkembangan-kehidupan-pribadi.html  

# MASYARAKAT

        Pengertian Masyarakat ialah sekumpulan manusia / individu yang berkumpul untuk berinteraksi sesama manusia/individu yang berada didalam satu lingkup lingkingan. Agar sesama manusia /individu saling berkomunikasi dalam lingkungan/ kelompok individu           Tatanan Masyarakat adalah suatu peraturan yang berada dilingkungan masyarakat agar dapat mengatur mayarakatnya tersebut,maka dibentuk seprti RT/RW dan Pemerintah yg lebih tinggi.
 
contoh masyarakat ialah sekumpulan individu / sekumpulan keluarga yang berada di sebuah lingkungan atau kelompok.

# KELUARGA

          
Keluarga berasal dari bahasa Sansekerta "kulawarga". Kata kula berarti "ras" dan warga yang berarti "anggota".[1] Keluarga adalah lingkungan di mana terdapat beberapa orang yang masih memiliki hubungan darah.[1]
Keluarga sebagai kelompok sosial terdiri dari sejumlah individu, memiliki hubungan antar individu, terdapat ikatan, kewajiban, tanggung jawab di antara individu tersebut.
 Pengertian Keluarga
Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan. [2]
Menurut Salvicion dan Celis (1998) di dalam keluarga terdapat dua atau lebih dari dua pribadi yang tergabung karena hubungan darah, hubungan perkawinan atau pengangkatan, di hidupnya dalam satu rumah tangga, berinteraksi satu sama lain dan di dalam perannya masing-masing dan menciptakan serta mempertahankan suatu kebudayaan.
Contoh keluarga adalah didalam keluarga ada berbagai macam anggota seperti kepela keluarga,ibu,dan juga anak-anak
  Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Keluarga







Tidak ada komentar:

Posting Komentar